My Headlines

Tuesday, July 14, 2009

Partition Windows not mount in Linux, Why ?

Tuesday, July 14, 2009
Ketika menginstalasi Linux secara dual boot, pasti secara otomatis partisi Windows yang dimiliki akan secara otomatis akan teramount di Linux (dalam kali ini menggunakan Opensuse 11.1). Dengan hal tersebut, data yang terdapat dalam Windows dapat di copy, paste, ataupun modifikasi file yang ada di Windows.

Tapi..... Bagaimana suatu ketika partisi Windows tidak teramount di dalam Linux? Hal ini pernah terjadi pada saya. Partisi Windows yang dimiliki tidak teramount secara otomatis, entah kenapa itu terjadi?

Mungkin ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  • Kemungkinan pertama : Partisi Windows yang ada di dalam Linux tidak teramount secara otomatis, maka harus di amount secara manual. (sebelumnya harus di setting format partisi di fstab)
  • Kemungkinan kedua : Jika partisi Windows yang ada di Linux tidak teramount secara tiba - tiba, kemungkinan partisi yang ada di Windows belum pernah di defrag / jarang di defrag, yang menyebabkan partisi Windows tidak terbaca secara otomatis di Linux (hal ini pernah terjadi pada saya).

    Preview kondisi awal I :



    Preview kondisi II :




  • Kemungkinan ketiga : Partisi Windows yang dimiliki sudah di format atau sudah di deletedari Linux.

Mungkin itu aja dulu, hehehe (soalnya belum menemukan bug yang lain rek.....). Jika ada yang ingin mengomentari terhadap tulisan ini, silahkan beri komentar dan jika ada yang lebih tau n ada masukan terhadap tulisan ini, monggo saja.....

That's All.....

Thanks Bro for reading....



Related Posts



0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © Share Knowledge in OpenSource | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog