My Headlines

Friday, July 11, 2008

Masukan yang baik bagi pengguna OpenSUSE

Friday, July 11, 2008
Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada mas vavai .... atas info yang telah diberikan melalui milis dan juga disampaikan ke email para anggotanya, termasuk saya.


Apakah kalian udah dengar OpenSUSE 11.0 belum ... ?
Dan apakah kalian udah lihat belum OpenSUSE 11.o ... ?
Udah punya OpenSuse 11.0 belum ...... ?
Apa kalian udah install OpenSUSE 11.0 belum ... ?


Gimana rasa nya.....


Nah kali ini saya akan memberikan info yang saya dapat kepada teman-teman yang ingin upgrade Linux OpenSUSE 10.3 ke OpenSUSE 11.0.


CEMANA CARANYA......



Nah... Ini dia....


Look, read, and do :
Cara termudah melakukan upgrade openSUSE 10.3 menjadi 11.0 adalahmenggunakan DVD instalasi openSUSE 11.0. Boot menggunakan DVDinstalasi dan pada saat pilihan tipe instalasi, pilihlah pilihanupgrade, bukan new install.
Meski pilihan diatas adalah pilihan terbaik, namun ada kalanya kitatetap butuh pilihan upgrade pada sistem yang sedang berjalan. Pilihanini terlihat lebih sulit karena sistem sedang berfungsi, namunpengalaman saya, prosesnya relatif mudah dan cepat.
Proses upgrade sebenarnya tidak mutlak diperlukan. Jika sistem sedangberjalan dengan baik, mengapa harus melakukan upgrade. Sebaiknyapilihan upgrade dilaksanakan jika kita ingin menggunakan seluruhfeature terbaru dari openSUSE 11.0, misalnya deteksi hardware yanglebih baik, package management yang lebih cepat, software yang lebihbaru dan kemudahan konfigurasi efek desktop 3 dimensi.
Proses Upgrade :
1. Backup-Backup-Backup. Backup data penting meski proses upgradeSEMESTINYA tidak akan menghapus dan mengutak-atik data
2. Upgrade RPM ke versi RPM openSUSE 11.0
3. Install paket administrasi (zypper misalnya) openSUSE 11
4. Upgrade semua paket
Tahapan :
Tahapan berikut adalah proses yang saya lakukan menggunakan DVD RepoopenSUSE 11.0 yang saya simpan di harddisk lokal / jaringan. Bisa sajadilakukan secara online dengan menggunakan repositori online.
- Non aktif semua repositori yang digunakan untuk openSUSE 10.3
mv /etc/zypp/repos.d /etc/zypp/repos.d.old

- Hapus cache repositori lama rm /var/cache/zypp/zypp.db - Tambahkan repositori utama openSUSE (Saya menggunakan repolokal. Sesuaikan dengan repo masing-masing. Jika menggunakan repoonline bisa menggunakan perintah ini : zypper arhttp://dl2.foss-id.web.id/opensuse/distribution/11.0/repo/oss/ oss) zypper ar http://localhost/distribution/11.0/repo/oss oss
# Install paket RPM untuk openSUSE 11.0.
Untuk 64bit :
Untuk 32 bit :
- Install manajemen paket openSUSE 11.
0zypper in zypper
- Tambahkan repo yang dibutuhkan (misalnya non-oss dan packman)Jika memang sebelumnya menggunakan repo tersebut. Menambahkan repoonline non-oss : zypper arhttp://dl2.foss-id.web.id/opensuse/distribution/11.0/repo/non-oss/non-oss, Menambahkan repo online packman : zypper ar
http://dl2.foss-id.web.id/opensuse-packman/11.0/ packman) zypper ar http://localhost/distribution/11.0/repo/non-oss non-oss zypper ar http://localhost/packman/suse/11.0/ packman - Upgrade semua paket. Tahap ini akan memberikan konfirmasibeberapa paket yang dihapus karena obsolote atau konflik.
zypper ref
zypper dup
- Restart komputer
Post Upgrade :
Beberapa tips jika mengalami masalah setelah upgrade :
- Networkmanager kurang stabil karena menggunakan dhcp :mv./dhclient.conf.rpmnew ./dhclient.conf
- openSUSE updater tidak dapat menggunakan konfigurasi repo :mv/etc/zypp/zypp.conf.rpmnew /etc/zypp/zypp.conf
- Menggunakan repositori komunitas untuk openSUSE 11.0sed -ie's/openSUSE_103_Servers/openSUSE_110_Servers/' /etc/YaST2/control.xml
Saya sukses melakukan upgrade dalam waktu sekitar 30 menit. Tentu sajahal ini tergantung pada paket-paket yang diinstall dan lokasirepositori yang digunakan.
Disclaimer :
Panduan diatas berdasarkan pengalaman pribadi. Lakukan backupfile-file penting anda sebelum melakukan upgrade.
--Best Regards,
Masim "Vavai" Sugianto


Related Posts



0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © Share Knowledge in OpenSource | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog